Minggu, 29 Desember 2013

Yang Harus Ibu Lakukan Agar Calon Bayi Cerdas dan Ibu Sehat


Tentunya semua ibu ingin buah hatinya tumbuh cerdas. Kecerdasan buah hati bisa dirangsang sejak masih dalam kandungan, agar IQ nya nanti tinggi, otaknya berkembang dengan sempurna, sehat, serta memiliki kreativitas dan memori yang tinggi. Berikut yang bisa ibu lakukan :





1.       Makan makanan bergizi dan seimbang
Kebutuhan gizi yang seimbang, vitamin dan mineral harus tercukupi. Protein harus lebih banyak dikonsumsi, terutama protein hewani. Jadi komposisi makan ibu setiap harinya harus ada karbohidrat (nasi atau roti atau karbo lainnya), protein (daging, telur, ikan, ayam, tahu, tempe), lemak, perbanyak sayur, buah-buahan, dan susu hamil. Susu hamil sangat penting karena terdapat kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan bayi. Sebaiknya pola makan ibu selain makan 3x sehari ditambah dengan cemilan buah atau cemilan sehat lain seperti bubur kacang hijau.

Pada trimester satu, makanan yang terutama baik dikonsumsi adalah yang banyak mengandung asam folat, zat besi, dan vitamin C seperti kentang, sereal, hati, pisang, bayam, brokoli, kol, alpukat, dan kacang-kacangan. Selain itu pisang juga mengandung vitamin b6 yang bisa mengurangi mual.

Telur, daging, susu juga penting bagi pertumbuhan otak karena mengandung kolin. Lemak ikan juga banyak mengandung DHA yang penting bagi pertumbuhan otak.

Selama hamil ibu dilarang makan makanan mentah dari hewan maupun sayuran, seperti sushi dan lalapan. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman ringan, minuman berenergi juga sebaiknya dihindari karena meningkatkan resiko keguguran dan berat bayi lahir rendah.

2.       Mengajaknya bicara
Ibu sudah bisa mengajak bayi bicara mulai usia kehamilan 15 minggu. Dia bisa mendengar suara ibu dan mengenal bahwa itu ibunya. Suara mengaji ibu pun bayi suka dan diyakini menenangkan. Mengajaknya bicara bisa merangsang pertumbuhan otak dan membuat bayi tenang. Perkenalkan suara ayahnya dan bacakan dongeng untuknya.

3.       Memperdengarkan musik
Bayi akan bergerak jika diperdengarkan musik ketika usia kehamilan 18 minggu. Musik yang bisa diberikan bisa musik klasik dan murotal. Musik jenis lain boleh juga diperkenalkan sesekali. Ibu juga bisa mengajak bayi bernyanyi. Nantinya hal ini bisa meningkatkan kemampuan anak dalam menulis, membaca, dan berbahasa.

4.       Merangsang cahaya
Rangsangan cahaya bisa merangsang pergerakan bayi. Cahaya yang diberikan jangan terlalu terang, yang terbaik adalah cahaya redup. Langsung saja sinari cahaya ke perut ibu, maka ibu akan merasakan bayinya bergerak.

5.       Mengelus perut ibu
Usapan ibu pada perut akan direspon dengan pergerakan bayi. Respon tersebut didapat ketika usia kehamilan 14 minggu.


6.       Olahraga hamil
Olahraga yang bisa dilakukan selama hamil adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan selama 30 menit, misalnya jalan pagi, senam, berenang, atau senam hamil.


7.       Berdoa
Banyak berdoa, jangan hanya dalam hati tapi juga dilisankan agar si bayi juga bisa mendengar dan ikut mengamini.

8.       Hindari stress

Jika ibu stress maka bayi juga akan stress akibat pengaruh hormone yang sama. Ibu bisa melakukan yoga atau relaksasi dengan aromaterapi lavender atau sandalwood jika sedang stress. 

5 komentar:

mebel jepara mengatakan...

sangat bermanfaat, trimakasih


karimunjawa jepara

aryani mengatakan...

Sangat berguna bagi saya yg sedang menunggu kehamilan.

Unknown mengatakan...

Benar-benar informasi yang sangat bermanfaat untuk ibu dan si buah hati :)

Salsabila Firdausia's mengatakan...

sama-sama, mudah2an bermanfaat dan lancar2 buat ibu2 yang sedang hamil dan menunggu kehamilan

joejoe mengatakan...

thank banyak,artikelnya sangat membantu sekali...