Minggu, 29 Desember 2013

Trimester Pertama

Minggu ke 1  
Ibu : minggu ini adalah menstruasi terakhir sebelum kehamilan. Dinding rahim meluruh, hormone-hormon kembali mempersiapkan sel telur yang akan dilepaskan
Anak : belum terjadi apa-apa

Minggu ke 2  
Ibu : dinding rahim menebal, dan persiapan untuk tahap ovulasi
Anak : belum terjadi apa-apa

Minggu ke 3
Ibu : minggu ini adalah saat ovulasi, saat sel telur dilepaskan dan pembuahan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur di tuba falopi. Dinding rahim terus menebal untuk persiapan implantasi (penanaman sel telur ke dinding rahim ibu). Saat ini ibu belum tahu kalau sedang hamil.
Anak : sel telur yang sudah dibuahi membelah diri, menjadi morula, blastula, gastrula, dan akhirnya dinamakan zigot.

Minggu ke 4
Ibu : hormone progesterone tetap meningkat mengimbangi estrogen, maka dinding rahim tidak luruh dan tetap menebal. Di akhir minggu ini seharusnya ibu mengalami menstruasi, dan menjadi tanda pertama kehamilan ibu. Karena proses implantasi, kadang bisa terjadi flek pada ibu dan itu sering disalah artikan sebagai haid.
Anak : zigot tertanam di dinding rahim ibu, plasenta mulai berkembang.

Minggu ke 5
Ibu : mulai cemas karena terlambat haid. Di minggu ini saatnya ibu melakukan tes kehamilan. Jika positif, segera lah ke dokter
Anak : minggu ini zigot sudah berganti nama menjadi embrio. Vesikel-vesikel otak primer sudah mulai terbentuk. Karena perkembangan otak terjadi di minggu-minggu pertama kehamilan, maka ada baiknya tubuh ibu memiliki kandungan asam folat yang tinggi sejak sebelum hamil, untuk persiapan.

Minggu ke 6  
Ibu : ibu akan merasa cepat lelah, payudara lunak dan membesar. Olahraga ringan bisa membantu.
Anak : embrio sudah memiliki jantung, awal dari kelenjar tidroid, hati, pancreas, dan paru-paru.

Minggu ke 7
Ibu : ibu mungkin akan lebih emosional karena pengaruh hormon. Ibu juga mulai akan merasakan mual-mual (morning sickness).
Anak : jantung sudah terbentuk lengkap, saraf dan otot bekerja bersama-sama untuk pertama kalinya, sehingga embrio sudah mulai mempunyai reflex dan bergerak spontan. Di akhir minggu ini otak akan terbentuk lengkap.

Minggu ke 8
Ibu : mual-mual mungkin semakin sering dan ibu mungkin sensitif terhadap bayi. Buang air kecil akan lebih sering karena rahim mulai membesar dan menekan kantung kemih.
Anak : embrio kini berganti nama menjadi fetus/janin. Panjangnya kini 25-30mm. Mukanya sudah jelas berbentuk muka manusia dan sudah mempunyai lengan dan tungkai. Alat kelamin sudah terbentuk, walaupun belum dapat ditentukan jenisnya. Telinga luar sudah terbentuk sempurna, mata mulai memiliki pigmen, indra penciuman sudah mulai terbentuk. Jantung sudah mulai kuat memompa dengan irama teratur. Di minggu ini ruh telah ditiupkan dan detak jantung sudah mulai ada.


Minggu ke 9
Ibu : masalah kulit mulai terjadi, ada yang berminyak dan berjerawat, ada pula yang sangat kering. Imbangi dengan kertas minyak bagi yang berminyak dan bagi semua ibu cukupkan minum air putih.
Anak : saat ini pergerakan pertama mulai terdeteksi di USG. Di minggu ini rongga perut dan rongga dada sudah mulai terpisah. Otot mata dan bibir atas mulai terbentuk.

Minggu ke 10
Ibu : perut mungkin akan semakin besar, bukan karena rahim, rahim masih terlalu kecil dan tidak terlihat. Perut membesar karena pergerakan usus yang melambat dan sulit bab.
Anak : kartilago sudah mulai berubah menjadi tulang, dan pertumbuhan tulang akan dimulai. Sudah mulai terbentuk diafragma yang memisahkan rongga perut dan dada. Otak berkembang cepat di minggu-minggu ini, sehingga proporsi kepala lebih besar daripada badan. Jari tangan dan kaki terbentuk.

Minggu ke 11
Ibu : sembelit mulai terasa mengganggu saat ini, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui obat pencahar yang aman bagi ibu hamil.
Anak : organ reproduksi luar, folikel rambut, gigi, sudah mulai terbentuk. Fetus sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk kencing. Ginjal sudah mulai berfungsi.

Minggu ke 12
Ibu : Masalah morning sickness dan cepat lelah akan berkurang. Rahim sudah teraba dari luar sekarang 3 jari diatas tulang kemaluan.
Anak : ukuran fetus sekarang 7-8 cm. Semua organ vital bayi sudah terbentuk.


Minggu ke 13
Ibu : morning sickness akan menghilang pada saat ini, jika masih terasa segera hubungi dokter. Sejak saat ini perut akan terus membesar dan terlihat bahwa ibu sedang hamil.

Anak : organ pernafasan dan pencernaan sudah mulai berkembang ke fungsi terakhir. Pita suara mulai terbentuk, tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Telapak tangan dan kaki sudah mulai terlihat.

3 komentar:

mebel jepara mengatakan...

trimakasih , setelah cari2 akhirnya ketemu disini, salam



karimunjawa jepara

Salsabila Firdausia's mengatakan...

sama-sama

Unknown mengatakan...

bermanfaat sekali mbak, thanks sharingnya mbak dokter ^_^
mari wisata liburan bersama keluarga, yuk gabung paket wisata karimun jawa yang termasuk biro wisata karimun jawa yang berpengalaman karena memberikan paket karimun jawa murah, sedia paket backpacker karimunjawa, paket karimunjawa 4 hari 3 malam, paket karimunjawa 3 hari 2 malam, dan paket murah karimun jawa 2 hari 1 malam, tersedia juga paket hotel karimun jawa. paket karimun jawa kami yang rekomended buat siapa aja, info tour keberangkatan jadwal kapal ke karimunjava island info karimunjawa lebih lanjut bisa menghubungi Ransel Karimunjawa, supported by Jepara Direct Furniture.salam dari karimun java


. ke karjaw sama kita ya :D pisss