Senin, 07 Desember 2009

sedikit tulisan

Lebaran haji taun 2009 ini aku pulang ke Lampung, ga ada ibu ga ada ayah, tapi aku pengen aja pulang ke Lampung, nengokin adek ceritanya. Tapi dasar si adek, kayaknya dia mau ditengok mau nggak juga gak ngaruh. Huff, yaudah kalo gitu, aku menenangkan diri aja di rumah, bener-bener santai, kagak ada itu urusan senat, urusan kosan, urusan cowo, dan lain-lain. Pokoknya di rumah tenang, ngerjain case review, ngobrol2 sama mbah, sama baca2. Dan sekarang, aku lagi duduk berdua di meja makan sama mbah putri, yang usianya udah 75tahun, yang nemenin aku makan malem.
Sebelumnya, aku habis solat magrib dan nangis sangat kejer karena inget sama ayah ibu yang lagi di mekah sekaligus sedih karna adikku ga mau solat! Heuu. Jadilah setelah nangis aku sangat lapar, ditemenin mbah aku masak nugget dan makan dengan sayur asem.
Berawal dari pertanyaan iseng, “mbah waktu masih muda kepengen anaknya jadi apa sih? Pilot gitu atau apa?” dan darisitu cerita dimulai, jadi ceritanya si mbah dulu pengen pakde pur jadi pilot (widiih, pas banget ya sama pertanyaannya! Ehehee). Oia, sebelum lanjut, dikasitau dulu, jadi mbah putri ku ini ibunya ayahku. Beliau punya 5orang anak, pakde pur, ayahku (yanto), om nomo, om hodo, sama bule astri. Dan berlanjutlah cerita, mbah mah dulu tamatan SR aja (sekolah rakyat), mbah kakung juga. Dulu mbah sekolah sampe kelas 2SMP, tapi berhenti gara2 gak punya uang.. (duh susahnya sekolah jaman dulu). Dulu mbah kakung kerja di belitang di PU, tapi namanya juga PNS tamatan SR, gajinya ya kecil. Dulu buat nambah2, abis pulang kerja mbah kakung buat bata, ato ga kerja di sawah, begitu juga dengan anak2nya yang cowo. Jadi dari kecil mereka udah usaha sendiri. 
“Trus kalo ayah dulu gimana mbah?” Katanya, ayah itu dulu pinter banget di sekolahnya! Dari mulai guru, temen2nya, sampe Bangsawan di kampong sayang sama ayah karena dia pinter. Suka dikasih buku bacaan dan sejenisnya. Ke sekolah dulu naik sepeda. Tapi si mbah buat beli satu sepeda aja harus jual sawah. Mbah juga ga punya motor (ternyata motor udah BANYAK yg punya dari jaman dulu, beda sama mobil). Sampe2 mbah diejek sama temen2 kantornya karna ga mampu beli motor. Tapi mbah cuek aja karena anak itu yg utama katanya. Mereka harus berhasil, baru mbah tenang. Dulu sekolah di kampung ga banyak yg pake sepatu. Si ayah punya satu sepatu, tapi lebih sering nyeker kalo sekolah. Buku kan masih jarang banget, jadi nulis pun ga pake buku, pake papan yang langsung hapus. (kalo dipikir2, jagoan ya org jaman dulu! Tulis langsung hapus, jadi mereka ga punya catetan, kalo mereka lupa kan ga bisa buka2 catetan, makanya hapalannya kuat jaman dulu. Anak jaman skrg mah cepet lupa, factor makanan juga sih banyak MSG nya. Ah udah ah, jd kemana2 nih tulisan! :p )
Oh iya, makan juga susah katanya. Makan ayam seminggu sekali, padahal aku disini setiap hari makan ayam. :p Pantesan si ayah suka cerewet banget kalo aku males makan. Harusnya aku tuh bersyukur bisa makan apapun bebas, tapi malah akunya yg ga mau makan. Dulu ayah mah mau makan banyak aja mikir. Pantesan dulu si ayah kurus! :P tapi sekarang ayah jadi gendut. Soalnya kalo aku, ibu, sama adek dulu ga abis makan, dia yang ngabisin! Hehee. Tapi sekarang aku tinggal jauh dari orangtua dan adikku juga udah besar, jadi si ayah ga pernah ngabisin makanan lagi tapi tetep aja gendut! Hehehee.
Perjuangan banget lah si mbah, dia bilang, mbah kakung dulu pernah bilang, “aku lulusan SR, tapi aku harus nyekolahin anak2ku sampe SMA” dan alhamdulilahnya kesampean. Seorang kampung tamatan SR yang Cuma PNS kecil akhirnya bisa menyekolahkan semua anaknya sampe SMA. Pakde pur disekolahin ke Palembang, trus dia melanjutkan sekolah perawat disana. Ayahku dibuang ke bandung, disekolahin di STM PU. Om nomo ke semarang. Om hodo sama bule astri aja yang tetep di kampung.
Selama di Bandung, ayah Cuma dikirimin 60ribu sebulan untuk makan, bayar kos, sama bayar sekolah. Waah, jagoan! Sekarang aku aja satu juta sebulan buat makan sama jajan sama fotokopi doang. Beli buku minta lagi, bayaran minta lagi, kosan juga, trus kalo ada yg insidentil2 juga minta lagi. Kalo dipikir2 boros banget ya aku. Gaya hidupnya ga bisa diubah, ga bisa jadi anak kosan. Anak kosan aja gini apalagi ntar. Harus berapa penghasilan aku? Tiga juta minimal kayaknya. Hehee. Itu buat aku sendiri. Kalo udah berkeluarga, minimal kayanya 7juta deh sebulan. Makanya aku mau mencari suami yang sepadan, yang bisa ngimbangin aku, tapi juga bisa ngedidik aku supaya ga boros! Hehehee. :p
Sampe akhirnya ayah bisa kuliah s1, trus s2, itu juga karna usahanya sendiri. Subhanallah ya, orang2 jaman dulu pada tangguh! Dan karna pengalaman juga, ayah bener-bener pengen anak-anaknya makmur, makan yang banyak yang bergizi, sekolah di tempat yang bagus, walaupun mahal dan bayarnya mpot-mpotan, pengen anaknya beragama dan berhati sensitive dan baik ke semua orang. Ayah selalu berusaha mencukupi itu semua, sehingga keluarga kami cukup tapi tidak berlebih. Selalu cukup kalo aku minta lagi uang jajan, kalo aku minta lagi duit beli buku kedokteran yang tebal dan mahal, stetoskop yang hampir 1juta, selalu cukup untuk pendidikan, semahal apapun. Ayah ga ngajarin untuk lebih dalam hal jalan-jalan, foya-foya, punya mobil sendiri waktu kuliah, atau bersenang2, tapi ibu yang ngajarin itu! Hehee.
Ayahku, dari pengalamannya juga jadi orang yang sangat baik ke semua orang, disayang sama masyarakat di sekitar rumah, anak buahnya, pokoknya orang-orang di sekitarnya. Ayah yang sabar, selalu jadi panutan, tapi sangking sabarnya jadi kita yang gregetan karna ayah ga gerak2! Ayah yang saying sama keluarganya, protektif tapi nggak over. Pengen banget punya suami kayak ayah. Love you dad! 
Aku suka merasa jahat banget sama ayah sama ibu. Aku males banget belajar, ga rajin. Aku mulai jenuh belajar sejak di FK. Entah kenapa, meskipun aku masih bisa mempertahankan IPK ku diatas 3, tapi tetep aja aku merasa aku sangat ga maksimal. Bukan aku banget yang udah puas Cuma dapet IPK segitu. Aku yang biasanya ambisius selalu mau jadi yang terbaik, yang termasuk jajaran atas top ten, sekarang ga punya motivasi itu lagi. Gatau, aku capeee, tapi semakin aku begini semakin aku merasa bersalah! Bener-bener, aku bukan orang yang bisa dikontrol! Tinggal nge kos, membuat aku merasa jadi semakin liar. Liar organisasi, pulang malem terus, ga belajar, dan prioritas utamaku adalah organisasi! Owwwwww GOD! Ya Allah, tolong aku, jagain aku terus.. 
Ngedenger cerita mbah itu aku jadi sedikit tersadar dan lumayan men charge semangat buat belajar. Apalagi bentar lagi mau ujian. Hayuu cha, bismillah! 

Berjuang. Berusaha. Semangat. Bismillah!
Salsabila Firdausia, (DR.,dr., SpPD, MPH)

Tidak ada komentar: