Jumat, 21 November 2008

Kisah Tukang Pecel pinggir jalan

Kisah Tukang Pecel pinggir jalan

Ceritanya, aku, ibuku, dan teman ibuku lagi abis dari supermarket, trus pas mau jalan ke mobil, eh ada tukang pecel di pinggir jalan yang menggoda iman.. (waktu itu sekitar jam 12an, kondisinya sangat terik dan perut pun sangat keroncongan). Jadilah kita nyamperin tukang pecel itu dan terjadilah percakapan singkat.

“Ibu pecelnya 2, trus 1 lagi dibungkus yahh” (teman ibuku)
“monggo neng. Ini mau pake sayur semuanya? Ada yang ga mau ga?” (beliau)
“ga usah pake kates (pepaya.red) bu! Trus kangkung juga, soalnya saya asam urat” (teman ibuku)
“kalau saya semuanya aja bu, campur!” (aku)
“nggeh nak..”(beliau)

(Membuka percakapan sambil si ibu meraup sayuran)
“ibu yang orang yogya ya bu??” (ibuku)

“wah iyaa. Aku wong jogja! Wong mantuku cah prambanan!” (beliau)
(loh, jawabannya agak kurang sinkron. Si ibu mulai curhat. Heee.)

”iyah, kebetulan tetangganya temen saya bu!”(ibuku)
(ini lagi, malah nyambung ajah. Hehee. Ternyata usut punya usut, ibuku uda pernah ngobrol sama ibu tukang pecel itu sebelumnya. Tapi kayanya nenek penjual pecel itu -aku panggil nenek aja, soalnya uda tua banget- uda lupa sama ibuku. Ckckck.)

”saya jualan disini dari tahun 64”(beliau)
(curhat dimulai lagi. bayangkan, uda berapa taun ibu ini jualan pecel kayak gini??)
”dulu saya jualannya ga disini”(beliau)
(sambil menyebutkan nama tempat, tapi aku lupa namanya apa)

”nak, ini bumbunya ibu banyakin yah! Wenak loh!”(beliau)
(memuji makanan sendiri. Tapi ternyata pas kita lihat, dia uda buat pecel untuk kita yang 2 biji dengan jumlah yang bikin eneg kalo ngeliatnya. Abisnya edan banget itu bukan porsi 1 orang! Itu porsi 10 orang kaleee. Trus pas diliat, bumbunya juga buanyak bangett! Gila lah! Untung aku makannya berdua sama ibuku, jadi ga banyak2 amat lah. Hehehee)

”iyah bu” (aku)
(kita Cuma iyah2 ajah sambil memandang tak berdaya ke tangan si ibu yang masih asik masuk2in sayur dan bumbu pecel ke daun pisang. Harap diketahui, kita makannya pake daun pisang, pake tangan pula! Ckckcck)

”yang dibungkus ini ibu banyakin lagi yah”(beliau)
(dan ternyata memang benar! Yang dibungkus itu porsinya jumbo abiss! Wah kesenjangan sosial! Kalo gitu besok2 pesennya dibungkus ajah biar lebih banyak! Hahaaa. Dan itu dibungkus untuk supir aku, yah sesuai lah dengan porsi makannya. Hehehee.)

”udah neng, nih tempenya diambil juga! (sambil ngasih 3 biji tempe goreng yang ukurannya gede banget) Oia nak, jangan lupa kerupuknya juga! (sambil ngasih 1 bungkus kerupuk isi penuh ke aku. Dan semua kita bayar hanya dengan 20riu rupiah. Ckckcck )”(beliau)

Aku, ibuku, dan teman ibuku pulang dengan hati bahagia. Udah mah si nenek itu baik banget, trus loyal banget. Padahal mah kalo diitung-itung, berapa sih penghasilan seorang tukang pecel seharinya? Apalagi dia Cuma jualan pecel, ga da kerjaan yang lain, trus setelah aku mendengar cerita dari ibu aku (yang ternyata dia masih inget percakapannya dengan nenek pecel itu yang entah kapan dilakukannya), aku makin terharu. Ternyata yah, beliau itu dari dulu selalu bersemangat dalam berjualan pecel! Selalu ceria, Ga kenal lelah, ga kenal waktu, ga bosen-bosennya, dan yang paling penting, ga beda-beda percakapannya dengan tiap orang! Hehee. Abisnya usut punya usut, ternyata obrolan beliau dengan kami ini sama dengan apa yang diomongin sama ibuku dulu2. wkwkwk. Tapi patut diacungin jempol lah! 2 jempol! 4 jempol malah pake kaki naik ke atas. Heee.

Subhanallah sekali, aku langsung membandingkan dengan diriku. Aku yang bosenan, yang suka maen tinggal ajah kalo uda bosen. Aku yang ga bisa jaga tampang, pasti keliatan kalo lagi bete. Padahal kan kalo ada orang lagi bete, ngeliat aku bete malah tambah bete jadinya! Hahaa. Aku yang kadang pelit kalo lagi ga ada duit! (hahaa, ya iyalah, pasti smua orang juga pelit. Wong ga ada duit, apa yang mu dikasih! Hihiii) Dan dibalik semua itu, alhamdulillah aku bisa memetik hikmahnya.

Wah keren abis ya, hanya dari seorang tukang pecel, kita bisa introspeksi diri. Padahal, tukang pecelnya sendiri ga bermaksud untuk membuat orang lain mengambil hikmah darinya. Heueheuu. Nah, bisa ga kita jadi orang kayak gitu...?? ^^

4 komentar:

Anonim mengatakan...

hmm emang bener banget tuh ca
waktu gw tinggal 3 tahun di solo dan lumayan sering berkunjung ke jogja, gw ngerasa harga makanan tuh muraaaah bangeeeet dan tipikal orang2 di sana tuh ya yg udah bertahun2 jualan klo kisah lo juga.
masa waktu itu gw ngobrol sama bapak2. dia cerita dia punya anak (lupa berapa) dan anaknya itu sekolah di luar negeri. trus ternyata beliau itu udah naek haji.
dan coba tebak apa profesi bapak2 ini???
beliau jual minuman (es teh,kopi,dll), snack2 kecil, sendal jepit, dll pake gerobak keliling yg sebenarnya dimodifikasi dari becak!
subhanalah....
semangat hidupnya kuat banget dan berpikiran ke depan!!!

Salsabila Firdausia's mengatakan...

huwaaa keren yah ben...!
padahal kalo dipikir2, buiat apa yah dia melakukan itu smua..??? toh sebenarnya dia uda punya segalanya...??

W. Darma mengatakan...

kerent tuh cha..mending lo jadi tukang pece ja bentar..partime gt..ato jadi tukang gado" ato lotek jg gpp.. :p

Salsabila Firdausia's mengatakan...

hehhh wanaaa!!
ngapain gw skolah tinggi2a cuma biat jualan pecel,,???
^^